2019 Dalam Kata

Tahun 2019 beberapa jam lagi akan berakhir. Sebagai bahan untuk menyongsong tahun 2020 tentu perlu summarize apa saja yang sudah tercapai dan mana yang perlu diperbaiki. So, berikut 2019 dalam kata.

Work

Setelah setahun saya full-time kerja di jogja, tahun ini saya pindah (lagi) ke Solo. Bersama beberapa teman kuliah dulu, kami bekerja dalam naungan CV. Kadang Koding Indonesia. Alhamdulillah tahun ini kami lebih bisa berkembang, karena semua personel sudah bisa kerja full-time.

Tahun 2019 kantor kami telah menerima beberapa siswa magang. Dari SMK 2 Kali dan Universitas 1 kali. Untuk awalan dalam dunia magang, hal ini terasa menyenangkan. Bisa berbagi ilmu dengan teman-teman yang punya kesamaan minat.

Side Project

Beberapa kali mengambil proyek sambilan yang lumayan buat nambah tabungan. Sempat ambil lebih dari 1 project dalam 1 waktu namun ternyata deadline jadi meleset dari yang diharapkan. Ini hal buruk jangan ditiru. Sesuaikan dengan kemampuan aja, kalo emang gak bisa banyak project dalam satu waktu jangan dipaksakan. Daripada hasilnya gak maksimal.

Ambil side project 1 aja dalam 1 waktu. Karena, kalo selo biar bisa belajar hal lain.

Sport

Yaaak! Futsal masih jadi hobi. Dan di Solo hobi ini terfasilitasi di hari rabu bareng temennya temen. haha Pas pulang ke ngawi futsal sabtu malam minggu juga masih rutin dijalankan. So, seminggu bisa futsal 2 kali itu perlu disyukuri, alhamdulillah.

Tapi, setelah balik ke solo jadi jarang buat olahraga lari. Pulang kerja jam 5 dan sampek kos sudah maghrib. Alhasil badan ini semakin membengkak. Demi mendapatkan lagi bentuk badan yang ideal, tahun depan insyaAllah akan kembali merutinkan lari.

Health

Kesehatan mungkin jadi issue untuk beberapa orang yang kerja dalam dunia IT. Terlalu sering duduk, melihat layar laptop, kurang gerak, kerja dan hiburan ada dalam layar laptop menjadi penyebabnya. Beruntung bagi saya, selama ini sehat-sehat saja. Pernah merasa sedikit mblereng sih saat melihat barang/tulisan kecil, lalu saya ubah theme di editor saya jadi light, sekarang sudah agak mendingan.

Burnout justru jadi penghalang saya tahun ini. Beberapa kali saya merasakannya. Entah karena faktor apa, mungkin karena faktor iman yang lemah :( Solusinya? rehat sebentar. Saya sempat seminggu cuma nonton anime biar gak bosen saat koding. Ini sedikit membantu biar gak tambah parah. Next, saya perlu memperbaiki iman biar burnout tidak sering-sering datang.

Lalu, 2020?

Sebenarnya belum punya target yang jelas tahun depan mau ngapain. Jalani dulu aja yang ada dengan maksimal. Beberapa rencana buat tahun depan:

  • Belajar React, Next.js, React Native dan/atau Flutter
  • Belajar Design Pattern
  • Rutin Baca Buku
  • Rutin Lari
  • Lebih sering main
  • Dan lebih sehat lagi

*Post akan diupdate bila sudah ada rencana yang lebih matang.